Travel Planning and Safety Tips

No matter what your destinations but it is very important who's your side!

Gempa Bumi di Garut Jawa Barat 5,6 SR

Gempa Bumi di Garut, Warga Berebut Keluar Rumah, saat HDG Team sedang konsentrasi di ruang kerja sambil memakai Headset ketika bersiap-siap membuat postingan tentang Ulang Tahun Kampung Sampireun Garut yang ke-16 cukup kaget merasakan getaran yang cukup kuat. Saya langsung berdiri dan mencoba merasakan apakah ini benar-benar guncangan gempa di Garut ataukah dikarenakan saya kelelahan setelah bekerja di lapangan seharian.



Gempa bumi berkekuatan 5,6 skala richter (SR) mengguncang wilayah Garut, Jawa Barat. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat guncangan tersebut terjadi pada Sabtu (5/9/2015) sekira pukul 03.08 WIB. Sementara pusat gempa berada pada koordinat 8.23 Lintang Selatan (LS) - dan 107.31 Bujur Timur (BT), atau sekira 109 km barat daya Garut.

Adapun titik gempa berada pada kedalaman 10 km. Hingga kini belum diketahui adanya korban jiwa serta kerugian akibat peristiwa tersebut. Sejumlah warga di Sukabumi merasakan gempa yang cukup kuat sekitar pukul 03.20 WIB, Sabtu (5/8/2015). Getaran gempa itu berpusat di dekat Garut, Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sabtu (5/9/2015), gempa terjadi pada pukul 03.08 WIB.

Pusat gempa berada pada koordinat 8.23 LS dan 107.31 BT. Adapaun titik gempa berada 109 Km barat daya Garut, Jawa Barat. Pusat gempa terjadi di kedalaman 10 Km.

"Awalnya kaget, ada bunyi 'kretek-kretek' di kaca jendela. Pas dirasain lagi baru sadar itu gempa saya bangunin orang rumah karena takut terjadi apa-apa san gempa susulan," ujar Ade Irawan (41) warga Cikukulu, Sukabumi kepada detikcom, Sabtu (5/9/2015).

Kekuatan gempa juga dirasakan hingga ke wilayah Pacet, Cianjur. Bahkan di wilayah itu akibat kuatnya goyangan gempa lampu dan dinding rumah terlihat seperti bergoyang. "Sekeluarga sampai berebutan kunci untuk keluar rumah, karena kuatnya gempa," ungkap Rudi warga Pacet ketika dihubungi detikcom melalui telepon seluler.

Getaran gempa juga terasa di Jakarta dan sekitarnya. Guncangan awalnya agak kencang terasa kemudian disusul getaran yang lebih pelan. Belum diketahui adanya kerusakan serta korban luka atau jiwa dalam peristiwa tersebut, namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. 

Semoga Guncangan gempa bumi yang menimpa Garut tidak menimbulkan korban jiwa ataupun harta walaupun cukup banyak warga Garut yang kaget dengan guncangan gempa di Garut yang cukup besar pada dini hari ini. 
Share on Google Plus

About Hdg Team

HdG Team Trip Planner, Wedding dan Event Organizer, Pendamping Wisata Garut Terpercaya dan Paling Berpengalaman dibawah naungan CV Hotel di Garut.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment