Pesona Garut Curug Sangiang Lantang dan Harga Tiketnya

shares

Curug Sangiang Lantang ini kurang lebih tingginya 4 meter dengan lebar sungungai kisaran 4 meter, dan Pada hari Jum'at kemarin, kami dari HdG Team di undang oleh ITGA (Ikatan Travel Garut) dan HPI Garut (Himpunan Pramuwisata Indonesi), dalam rangka halal bi halal dan mulidan sesama pelaku wisata, tempat acaranyapun sungguh keren dan tidak biasa, yaitu di Curug Sangiang Lantang yang letaknya di kaki Gunung Papandayan, Cisurupan Garut.


Keindahan dan keasrian tempat ini sungguh mewakili dari Pesona Garut yang memikat, terbukti baru di buka beberapa hari sudah banyak wisatawan yang datang, baik domestik ataupun mancanegara, Curug ini terbentuk karena letusan Gunung Papandayan pada 2002, dan aliran lahar dinginnya membuat sungai kecil menjadi besar dan akibat tergerus derasnya lahar dingin, kini terbentuklah sungai dengan air terjun yang indah.




Curug dalam bahasa Indonesia artinya Air Terjun, Sangiang artinya tempat atau posisi, sedangkan Lantang adalah jelas, jadi filosopi namanya berasal dari nama kiyai yang menjadi sesepuh di kampung tersebut, dan di perjelas oleh sang pemilik tanah, bahwa tempat wisata ini milik pribadi. pengelolaannyapun sekarang masih di kelola keluarga, belum ada dana dari pemerintah ataupun dari investor.





Pesona keindahan Curug Sangiang Lantang ini adalah dari bebatuan di sekeliling dan sepanjang sungai ini yang terbentuk akibat derasnya lahar dingin yang melewati sungai ini pada 2002 lalu, dari mulai batu ampar, batu petapa dan Curugnya sendiri semuanya terbentuk secara alam, kandungan batuan yang ada di sungipun sama persis dengan bebatuan yang ada di gunung papandayan.




Akses ke jalan raya pun sangat dekat, bahkan kisaran hanya 100 meter,  dengan harga tiket yang sangat terjangkau yaitu Rp 5000. di setiap sore Curug Sangiang Lantang ini ramai di datangi muda-mudi untuk berphota menambah stock senjata untuk eksis di dunia maya atau sekadar kumpul sama temannya, mungkin karena konsepnya di beberapa titik di buat romantis, seperti bentuk hati dari kbambu yang di buat sedemikian rupa hingga jalan atau tangga menuju Curug di buat sekeren mungkin dengan adanya terowongan bambu.







Air di Curug ini sangatlah bening dan bersih, mungkin karena aliran sungai di sini di isi oleh mata air-mata air dari sekitaran pegunungan papandayan, kita pun bisa mandi di curug ini, jelas rasanya menyegarkan, dan tidak usah ragu untuk ganti baju, karena di sana ada fasilitas tempat untuk ganti baju yang di buat seunik mungkin dari bambu.

Lokasi Curug Sangiang Lantang

Related Posts

0 comments:

Post a Comment